by Masrum in
Console Games

Ada banyak jenis Xbox sebagai console saingan utama dari PlayStation. Ya, bahkan Xbox generasi pertama tanggal rilisnya hampir berbarengan dengan PlayStation. Ini menjadi pertempuran dua kubu terkuat dalam dunia console game.

Xbox pertama dirilis oleh Microsoft sekitar akhir 2001, sedangkan PlayStation awal 2000-an. Pada era tersebut, console game rumahan yang ringkas dengan performa grafik terbaik, kalau tidak PlayStation ya Xbox.

Seiring berjalannya waktu, Microsoft mengembangkan layanan berlangganan khusus untuk para gamers, yaitu Xbox Game Pass. Hingga handheld gaming PC seperti ROG Ally atau Lenovo Legion Go memberikan paket Xbox Game Pass PC selama 3 bulan pada setiap penjualan produknya.

Jenis Xbox dari Generasi ke Generasi

Seperti tidak ingin sama dengan saingannya, Xbox memiliki desain controller yang unik. Gamers yang sudah familiar mungkin tidak asing lagi, bahwa controller Xbox sisi kiri berupa tombol arah (bukan analog). Ini menjadi pembeda yang tampak jelas hanya dengan melihatnya. Controller khas Xbox punya tombol analog kiri dengan posisi lebih ke atas.

1. Jenis Xbox Generasi Pertama

Perilisan Xbox generasi pertama di tahun 2001, menang dari kepopuleran PlayStation 1, namun masih kalah saing dengan PlayStation 2. PS2 yang menjadi home console paling populer dan memiliki nilai penjualan terbanyak sepanjang masa, berada di depan Xbox generasi pertama ini.

Xbox pertama berhenti produksi (discontinued) pada 2009, Microsoft sudah menyiapkan generasi berikutnya yang lebih powerful dan mengesankan. Halo 2 menjadi game Xbox generasi pertama yang paling laris. Berdasarkan catatan, terjual lebih dari 8 juta unit dari 2004 sampai akhir 2006.

2. Xbox Generasi Kedua

Microsoft benar-benar serius mengerjakan console game pada generasi kedua ini. Sebab pada generasi ini, ada beberapa jenis Xbox di antaranya: Xbox 360, 360S, dan 360E. Generasi kedua muncul pada 2005, saat itu generasi pertama belum benar-benar berakhir.

Sayangnya, lagi-lagi saingan utama juga merilis home console yang sama-sama keren, PlayStation 3. Xbox harus menahan napas untuk tetap bertahan menghadapi gempuran itu. Kabar baiknya, ini lebih sukses daripada Xbox generasi pertama.

3. Xbox Generasi Ketiga

Pada generasi ketiga, Microsoft tetap mempertahankan ciri khas controller sejak generasi pertamanya. Dalam daftar ini ada Xbox One, One S, dan One X. Mulai rilis pada awal 2014 di pasar global, memberikan gebrakan yang lumayan untuk menantang PlayStation, Nintendo Switch, dan console game Wii U.

4. Generasi Xbox Terbaru

Xbox Series X dan Series S masuk dalam kategori generasi keempat yang terbaru. Console game ini rilis pada akhir 2020, harga Xbox Series X baru adalah 432 USD atau sekitar 6,7 jutaan pada tahun ini. Meski begitu, tidak sedikit yang memburu console game terbaru Xbox ini dalam keadaan second yang masih layak pakai.

Dibandingkan dengan Xbox generasi pertama, tentunya ada banyak sekali peningkatan yang mumpuni. Baik dari segi grafis, refresh rate, penyimpanan, performa, bahkan game yang bisa dimainkan. Jika generasi ketiga punya saingan PlayStation 4, maka generasi ini berhadapan langsung dengan PlayStation 5.

Semua kembali kita serahkan pada pengalaman penggunaan oleh pasar itu sendiri. Apakah lebih memilih jenis Xbox terkini atau tetap bertahan pada console game PlayStation. Mengingat di zaman sekarang juga harus mempertimbangkan handheld gaming PC, konsol game portable, dan konsol game Android.

Content writer all niche. Find me at Artikel Manual. Our free forum for discussion.
Share Post:

Related Posts

No Comments

Leave a Reply