by Masrum in
Console Games

Cara mengatasi console game panas atau overheat yang paling tepat dengan mengetahui sumber masalahnya. Produsen konsol seperti Sony, Nintendo, atau Valve tentu sudah memiliki kalkulasi perhitungan sendiri tentang pembuangan panas perangkat.

Mengingat produk konsol memang sepenuhnya diperuntukkan bermain game, baik secara wajar maupun lebih intensif. Masalah konsol overheat bisa terjadi lantaran beberapa alasan yang berkaitan dengan sistem thermal konsol itu sendiri.

Thermal system memiliki fungsi memindahkan panas yang berasal dari dalam perangkat menuju keluar. Pada sistem ini, fungsi kipas pendingin yang berjalan dengan baik sangatlah penting. Jika kipas kotor, tersumbat, atau tidak berputar mulus mungkin menjadi faktor utama terjadinya konsol game panas berlebih.

Mengatasi Konsol Game Panas Berlebih

Sebagai salah satu langkah troubleshooting atau menyelesaikan masalah, perlu melakukan perawatan yang baik. Konsol game memang peralatan elektronik, sehingga masing-masing peripheral di dalamnya memiliki umur penggunaan.

Jika kita merawat console game dengan tepat, umur perangkat awet dan menghindari masalah seperti panas berlebih. Namun sebaliknya, jika kita tidak merawatnya, tentu memperpendek umur perangkat itu sendiri.

1. Pahami Bagian Konsol Game Anda

Hal pertama adalah memahami bagian konsol game yang Anda miliki. Pasalnya, antara home console seperti PS4 dan PS5, berbeda dengan handheld console seperti Steam Deck dan Nintendo Switch. Konsol portable menggunakan baterai sehingga bisa gamers mainkan dari mana saja.

Namun, home console menggunakan catu daya ke listrik utama. Oleh karena alasan inilah, faktor yang membuat home console panas seringkali berkaitan dengan power. Dalam penerapannya tanda-tanda home console overheat bisa dari performa yang menurun.

2. Matikan Dulu Konsol Game Panas

Jika masalah panas berasal dari penggunaan yang berlebihan, ada sebaiknya mematikan konsol terlebih dulu. Beri jeda sebelum Anda pakai bermain lagi, misalnya setelah suhu perangkat menurun dan lebih dingin.

Tetapi kalau setelah suhu konsol menurun dan masalah performa belum teratasi, atau setelah menyala kemudian langsung overheat lagi. Ini mungkin ada bagian di dalam konsol yang mengalami masalah, terbakar, atau eror.

3. Bersihkan Sistem Thermal Konsol Jika Memungkinkan

Konsol portable memiliki sistem pendingin di mana ada ventilasi untuk mengeluarkan suhu panas. Kalau bagian ini bermasalah, maka suhu panas terjebak di dalam perangkat, membuat performa konsol menurun drastis.

Jika memungkinkan dan Anda memiliki kemampuan untuk bongkar-pasang perangkat elektronik. Tidak ada masalah membuka untuk membersihkan bagian kipas pendingin. Pastikan kipas dapat berputar dengan baik, misalnya dengan menambah pelumas ke pusat putaran.

4. Membawa ke Service Center untuk Klaim Garansi

Untuk konsol keluaran terbaru, Anda terlindungi karena masih adanya garansi. Kalau konsol tersebut bermasalah dapat Anda bawa ke service center resmi, tujuannya untuk klaim garansi atau perbaikan secara gratis.

Contohnya Service Center Sony PlayStation, Nintendo, Asus, dan seterusnya. Berkaitan dengan klaim garansi, penting kiranya untuk memilih produk konsol yang resmi dijual di Indonesia. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan layanan terbaik untuk console game kesayangan.

5. Apakah Masalah dari Konsol atau Bukan?

Penyebab terjadinya masalah di perangkat elektronik tidak melulu berasal dari dalam perangkat. Bisa jadi masalah itu bersumber dari luar, seperti halnya daya listrik yang tidak stabil, kabel mengelupas, dan sebagainya.

Untuk troubleshooting konsol game panas, hubungi terlebih dulu customer service brand konsol Anda. Kemudian tanyakan apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasinya di awal. Mereka akan memberikan saran yang paling sesuai dengan tipe konsol Anda masing-masing.

Content writer all niche. Find me at Artikel Manual. Our free forum for discussion.
Share Post:

Related Posts

No Comments

Leave a Reply