Indonesia Tuan Rumah PBIC 2024
by Mitha in
Berita Games

Indonesia adalah salah satu negara dengan basis penggemar game Point Blank (PB) yang besar. Jika kamu adalah salah satunya, ada kabar baik yang perlu kamu tahu, yaitu tentang Indonesia tuan rumah PBIC 2024 tahun depan.

PBIC (Point Blank International Championship) adalah kejuaraan atau turnamen esport tingkat internasional yang menjadi ajang adu skill antar pemain Point Blank profesional dari seluruh dunia.

Alasan Pemilihan Indonesia Tuan Rumah PBIC 2024

Pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah untuk PBIC 2024 bukan tanpa alasan. Berikut ini beberapa perkiraan faktor yang membuat Indonesia dipilih sebagai tuan rumah untuk kejuaraan selanjutnya:

1. Salah Satu Regional Terkuat

Pertama-tama, Indonesia diakui sebagai salah satu regional terkuat dalam kawasan Asia Pasifik dalam skena game Point Blank. Hal ini dapat dilihat dari dominasinya pada edisi PBIC sebelumnya, khususnya PBIC 2023 di Bangkok, Thailand.

Pada pertandingan final, kemenangan akhirnya diraih oleh OP3K XFIRE dari Indonesia dengan skor 3-2. Sebelum ini, Indonesia juga sudah pernah 3 kali menjadi juara dalam ajang PBIC.

2. Basis Penggemar yang Kuat

Pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah juga dipertimbangkan karena basis penggemarnya yang cukup kuat di Tanah Air. Game Point Blank telah lama menjadi favorit di Indonesia, khususnya pada masa kejayaan game di warnet.

Meskipun popularitasnya saat ini mungkin sedikit tergeser oleh kehadiran game lain seperti Valorant dan beberapa mobile game, tetapi PB tetap memiliki tempat spesial di hati para gamers Indonesia.

3. Indonesia Sudah Pernah Menjadi Tuan Rumah

Sebelum pengumuman tentang Indonesia tuan rumah PBIC 2024 dirilis oleh Zepetto sebagai developer Point Blank, ternyata sebelumnya Indonesia juga sudah pernah menjadi tuan rumah PBIC sebanyak dua kali dan acaranya juga sukses.

Yang pertama adalah pada PBIC 2017, di mana Indonesia dipilih menjadi tuan rumah dan bahkan berhasil meraih gelar juara melalui tim RRQ-EVR. Dan yang kedua adalah pada PBIC 2019, di mana Black Dragons dari Brasil keluar sebagai juara.

Kapan PBIC 2024 Diselenggarakan?

Jadi, kapan penyelenggaraan PBIC 2024 akan dimulai? Sayangnya, kamu perlu bersabar dulu. Sebab hingga saat ini, pihak Zepetto Indonesia selaku pengembang game Point Blank belum mengumumkan detail resmi terkait tanggal penyelenggaraan turnamen besar ini.

Namun jika merujuk pada turnamen sebelumnya yaitu PBIC 2023, dapat diperkirakan bahwa acara ini kemungkinan besar akan digelar pada awal tahun depan. Biasanya, turnamen ini diatur dengan sistem grup.

Pertandingannya akan dilanjutkan dengan babak penyisihan, semifinal, hingga sampai babak grand final. Keseluruhan rangkaian pertandingan tersebut umumnya hanya berlangsung selama beberapa hari saja.

Proses Seleksi Tim yang Mewakili Indonesia pada PBIC 2024

Jika kamu tertarik untuk menjadi bagian dari turnamen PBIC 2024 tahun depan, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu, khususnya seputar proses seleksi. Ini dia ulasannya:

1. Berawal dari Point Blank Star League (PBSL)

Pertama-tama, para pemain harus bertanding melalui kompetisi PBSL dulu. Nantinya, para pemain yang berhasil lolos babak play-off di turnamen PBSL bisa lanjut ke pertandingan tingkat nasional.

2. Diseleksi Melalui Point Blank National Championship (PBNC)

Selanjutnya, pemain yang sudah berhasil lolos dari PBSL akan diseleksi lagi melalui kejuaraan Point Blank tingkat nasional. Adapun yang berhak mewakili Indonesia adalah tim yang berhasil menjadi juara 1 dan runner-up (juara 2).

3. Siap Bertanding di Point Blank International Championship (PBIC)

Setelah melalui seleksi di PBSL dan PBNC, tim terpilih dari seluruh dunia akan bertanding di turnamen PBIC dan mewakili masing-masing negaranya.

Untuk menyambut Indonesia tuan rumah PBIC 2024, saat ini PBSL 2024 masih berjalan. Setelah itu, barulah akan diadakan turnamen PBNC 2024 untuk menentukan tim mana saja yang berhak menjadi wakil Indonesia di PBIC 2024 tahun depan.

Share Post:

Related Posts

No Comments

Leave a Reply