Cara klaim garansi PlayStation di Indonesia ternyata cukup mudah. Garansi menjadi salah satu layanan yang sangat penting, ini merupakan tindakan preventif terhadap masalah yang akan terjadi. Tanpa adanya garansi, gamers harus kompromi dengan masalah dan menyelesaikan sendiri.
Misalnya pada kendala konsol game panas overheat, konsol tiba-tiba mati sendiri, atau game tidak berjalan secara normal. Dengan adanya garansi tersebut gamers akan memperoleh solusi terbaik, baik berupa panduan menyelesaikan hingga ganti unit baru.
Pada kesempatan kali ini, Portal Zona Games akan memberikan gambaran alur bagaimana cara klaim garansi PS. Meliputi apa saja garansi yang Sony berikan untuk produk PS hingga informasi ekstra garansi 90 hari.
Cara Klaim Garansi PlayStation Terbaru di Indonesia
Berdasarkan informasi dari laman resmi PlayStation, semua perangkat meliputi PS4, PS5, PS VR, controller, dan aksesoris yang include dalam box penjualan mendapatkan garansi utama 1 tahun. Nah, garansi ini langsung aktif setelah Anda membeli perangkat.
Garansi bisa Anda tambah 90 hari (3 bulan) dengan melakukan pendaftaran online. Tambahan garansi 3 bulan tersebut hanya untuk perangkat PS4 dan PS5, tidak termasuk PS VR dan aksesoris lainnya.
Dengan kata lain, garansi PS Anda sudah langsung aktif walaupun tidak mengisi kartu garansi. Sedangkan untuk cara klaim garansi PS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
1. Menyiapkan Persyaratan Klaim Garansi PS
Anda yang membeli PS bekas dan garansi masih jalan, tetap dapat melakukan klaim asalkan persyaratan masih lengkap. Begitu pula Anda yang membeli baru, pastikan semua persyaratan di bawah ini ada.
- a) Kartu garansi (kosong maupun sudah terisi bisa)
- b) Bukti invoice pembelian baik secara online maupun offline
- c) Foto barcode perangkat PS
- d) Foto barcode pada dus/box PS
Perhatikan bahwa untuk klaim garansi semua persyaratan di atas haruslah terpenuhi. Untuk kartu garansi, masih kosong tidak apa-apa, nantinya akan diisi oleh pihak service center sendiri.
2. Bawa ke Service Center Sony
Setelah persyaratan lengkap, untuk klaim garansi bawa langsung ke Service Center (SC). Pihak SC akan mengisi kartu garansi yang Anda bawa jika masih kosong. Bukti invoice pembelian sebagai tanda apakah garansi masih berjalan atau tidak, ini merupakan syarat penting.
Sedangkan foto barcode yang berada di perangkat dan box untuk melihat kesesuaian. Jika semuanya berhasil, Anda akan mendapatkan kabar kelanjutan proses klaim garansi dari pihak SC. Layanan garansi diberikan untuk memberikan keamanan, pun kita tahu rata-rata PS4 dan PS5 mampu bertahan lebih dari 1 tahun.
3. Klaim Garansi Extra 90 Hari
Berdasarkan informasi dari forum diskusi klaim garansi PlayStation, extra 90 hari atau 3 bulan harus melalui registrasi online. Masa garansi 3 bulan ini mulai berjalan setelah masa garansi 1 tahun perangkat habis.
- a) Masuk ke laman pendaftaran garansi 3 bulan PlayStation
- b) Masuk/registrasi lebih dulu > pilih produk saya > pendaftaran produk > pilih jenis produk Anda
- c) Masukkan nomor seri konsol, terdiri dari 15 atau 17 digit karakter
- d) Masukkan nomor model konsol
- e) Input informasi invoice pembelian di formulir yang tersedia
- f) Klik kirim
Setelah Anda melakukan kirim pendaftaran, semua data yang sudah Anda masukkan tidak bisa diubah. Oleh karena itu, dalam hal ini perlu ketelitian dalam memasukkan. Anda dapat meminta bantuan sales untuk mendaftarkan tambahan garansi 90 hari jika perlu.
Ada yang mengatakan bahwa meminta tambahan garansi 3 bulan PS ini harus H+ 2 minggu setelah pembelian, ada juga yang bisa langsung klaim setelah pembelian. Itulah cara klaim garansi PlayStation terbaru dan resmi di Indonesia.