by Masrum in
Console Games

Apakah bisa bermain game Valorant di ROG Ally? Mengingat Valorant adalah game khusus untuk perangkat komputer/PC? Namun, ROG Ally kan merupakan handheld gaming PC dengan basis OS Windows?

Sebelumnya, Portal Zona Games sudah membahas tentang game Valorant di konsol. Rumor tersebut ternyata mendapatkan atensi dari para gamers, baik dalam maupun luar negeri.

ROG Ally sebagai konsol sekaligus PC gaming portable, berada di kedua pihak. Itu adalah perangkat konsol yang memiliki controller fisik, sekaligus itu adalah perangkat PC Windows dengan spesifikasi gahar.

Sebagai sebuah konsol game, ROG Ally tentu saja tidak memiliki keyboard dan mouse. Namun sebagai PC gaming, ia mampu menjalankan semua game AAA dengan lancar dan aman. Jadi, apakah kita bisa main Valorant di konsol Windows seperti ROG Ally, Steam Deck, atau Legion GO?

Valorant di ROG Ally, Bisa atau Tidak?

Anda tidak hanya bisa memainkan Valorant di ROG Ally, tetapi juga bisa mendapatkan lebih dari 150 FPS di perangkat tersebut. Ya, para gamers yang benar-benar mengidamkan Valorant di konsol, maka ROG Ally adalah alternatif handheld gaming PC terbaik yang bisa direkomendasikan.

Tetapi permasalahan terbesar memainkan game Valorant di perangkat ini adalah kontrol. Hingga saat ini, Riot Games belum memberikan pengaturan kontrol khusus untuk Valorant di konsol. Oleh sebab itulah, Anda masih harus mempertimbangkan pakai keyboard dan mouse.

Melihat dari beberapa ROG Ally Valorant gameplay, ternyata ada angin segar yang bisa Anda rasakan. Anda perlu mengatur mapping controller secara penuh. Karena kalau tidak Anda atur, saat masuk game Valorant tidak bisa bergerak.

Pertimbangan Valorant di ROG Ally

Pada intinya, Anda dapat memainkan semua jenis game PC di ROG Ally. Namun, masalah terbesar tetap pada control in game nantinya. Meski bisa mengatur mapping controller secara penuh, lagi-lagi perlu adaptasi berpindah dari keyboard dan mouse ke joystick.

ROG Ally pakai touch screen dalam pengoperasian secara spesifik. Ini cukup menyulitkan, dan Anda harus terbiasa menggunakannya. Beberapa Youtuber sudah membuktikan, bahwa bermain Valorant pakai joystick tidak semudah bermain pakai keyboard dan mouse.

Pertimbangan lainnya adalah harga ROG Ally yang cukup tinggi, di kisaran 11 jutaan. Sebenarnya, dengan budget segitu Anda sudah bisa merakit komputer/PC gaming yang mumpuni. Tidak hanya untuk main Valorant, tetapi juga Point Blank, PUBG, Call of Duty, dan sebagainya.

Jika sudah yakin dengan ROG Ally, Asus memberi rekomendasi game untuk perangkat ini. Meliputi Forza Horizon 5, Cyberpunk 2077, GTA 5, Diablo IV, Elden Ring, Destiny 2, Hi-Fi Rush, Monster Hunter Rise, Red Dead Redemption 2, Minecraft, bahkan Fortnite.

Kesimpulan Main Valorant di Konsol Windows

Jadi, bermain Valorant di konsol Windows masih sangat mungkin. Bahkan mendapatkan grafik rata kanan stabil di atas 150 FPS, apalagi untuk ROG Ally yang notabene punya spesifikasi AMD Ryzen Z1 yang mumpuni.

Namun, permasalahan utama bahwa Riot Games tidak (atau belum) menyediakan perubahan controller dari keyboard dan mouse ke joystick. Sehingga gameplay Valorant di konsol Windows masih membutuhkan adaptasi yang benar-benar sulit dari para gamers.

Tetapi kalau Anda memiliki game PC lain yang ingin dimainkan, ROG Ally siap melayani dengan sangat baik. Atau bersedia adaptasi kontrol ke joystick, bermain Valorant di ROG Ally tetap bisa Anda pertimbangkan.

Content writer all niche. Find me at Artikel Manual. Our free forum for discussion.
Share Post:

Related Posts

No Comments

Leave a Reply