by Masrum in
Console Games

Steam Deck Indonesia memperoleh kepopuleran dan hype yang luar biasa. Namun, apakah konsol game satu ini layak untuk kita beli?

Perangkat ini sudah dinantikan oleh para gamers sejak kabar perilisan keluar pada akhir 2022 kemarin. Sayangnya, alih-alih menggunakan sistem operasi (OS) Windows, perangkat ini menggunakan SteamOS 3 yang berbasis pada Linux Arch.

Sebenarnya persoalan software tidak terlalu berpengaruh untuk gameplay. Berbagai game yang dibuat khusus untuk Microsoft Windows bisa kamu jalankan dengan baik dan lancar di Steam Deck.

Sayangnya, tidak semua orang berpikiran demikian. Software menjadi salah satu faktor penting untuk menjalankan permainan maupun kebutuhan yang lain. Sehingga muncul sebuah kekhawatiran jika tiba-tiba ada bug saat memainkan game PC Windows.

Desain Ergonomi Steam Deck Indonesia yang Menggiurkan

Budaya gamers Indonesia terkait dengan perangkat console gaming PC masih tidak sepopuler penggunaan laptop dan komputer. Ada banyak pertimbangan, seperti harga dan cara beli Steam Deck di Indonesia.

Desain ergonomis, baru, dan multifungsi Steam Deck memperkuat keinginan kita untuk memilikinya. Kita dapat membayangkan apa saja yang bisa dilakukan menggunakan console gaming PC keluaran distributor game Valve ini.

Berikut ini daftar tombol kontrol di Steam Deck untuk meningkatkan performa permainan menjadi jauh lebih mudah.

  1. D-pad, tombol arah kanan, kiri, bawah, dan atas;
  2. Tombol tampilan;
  3. Thumbstick L3;
  4. Trackpad kiri;
  5. Steam;
  6. Speaker kiri;
  7. Thumbstick R3;
  8. Menu button;
  9. ABXY button;
  10. Trackpad kanan;
  11. Speaker Kanan.

Apalagi mengingat spesifikasi Steam Deck sudah sangat mumpuni untuk menjalankan game AAA dengan mulus. Ia memiliki CPU AMD Z2, GPU RDNA, RAM LPDDR5 16GB, serta varian penyimpanan 512GB atau 1TB.

Jika penyimpanan tersebut masih kurang, tersedia slot micro SD tambahan berkecepatan tinggi. Memiliki ukuran layar 7,4 inch (diagonal) dengan resolusi 1280×800 RGB, lengkap dengan kecerahan maksimum di 1.000 nits serta pakai HDR Oled.

Sayangnya, kecepatan refresh rate Steam Deck maksimal di 90 hz. Jika beli ROG Ally atau Legion GO mendapatkan Xbox Pass 3 bulan untuk PC, hal ini juga tidak tersedia dalam pembelian Steam Deck. Ada banyak pertimbangan untuk gamers di Indonesia sebelum beli konsol PC satu ini.

Harga Steam Deck Indonesia

Pertimbangan dan alasan gagal beli Steam Deck berkaitan dengan harga serta cara mendapatkannya. Ini tidak seperti Asus ROG Ally yang dijual resmi di Indonesia. Harga Steam Deck varian 512GB resminya sekitar 10 jutaan, itu belum ongkos kirim dan cukai masuk ke Indonesia.

Lebih lanjut lagi, hal tersebut berpengaruh pada pemberian garansi internasional. Dengan harga yang lumayan untuk sebuah handheld gaming PC, cukup mengkhawatirkan jika terjadi kerusakan. Berdasarkan ulasan pengalaman pakai Steam Deck, software yang terpasang tidak mendapatkan update.

Sedangkan untuk handheld gaming PC yang sudah terpasang Microsoft Windows 11 resmi ada banyak. Ambil saja dua contoh, ROG Ally dan Lenovo Legion GO. Yang mana kita di Indonesia dapat membelinya secara langsung melalui website masing-masing.

Konsol Steam Deck tidak demikian, kalau kamu mengecek websitenya, maka tidak bisa melakukan check out dari sana. Sehingga membutuhkan effort yang lebih untuk memilikinya, baik dengan cara membeli dari luar negeri, membeli second (lebih berisiko), atau cara yang lainnya.

Namun, keputusan sepenuhnya kembali ke diri kamu masing-masing. Kalau sudah demen banget sama produk Valve Steam Deck Indonesia, dan merasa layak mendapatkannya, tidak ada salahnya berjuang untuk membelinya.

Content writer all niche. Find me at Artikel Manual. Our free forum for discussion.
Share Post:

Related Posts

No Comments

Leave a Reply